Pemahaman yang berbeda

Jumat, 2 Maret 2012

Hari ini saya berkunjung ke salah satu sekolah Katolik

di Kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat,

ketika saya tawarkan pelatihan dasar-dasar internet

kepala sekolah mengaku gurunya sudah bisa internet,

namun demikian beliau mengijinkan saya

utuk menemui dan menawarkan ke gurunya

program seperti apa yang mau dilatihkan

karena gurunya yang lebih mengerti kebutuhannya.

Ketika bersama dengan salah seorang guru

saya coba membuka laptopnya

alangkah terkejutnya saya bahwa  fakta yang saya temui:

  • Windowsnya sudah minta  harus  diaktivasi
  • Anti virus sudah tidak aktif lagi, karena lisensinya sudah habis dan juga tidak diupdate
  • Begitu flash disk saya colok, semua folder yang ada di flash disk langsung berubah jadi sortcut
  • Laptop dipartisi 3,  namun Hard disk C yang hampir penuh sedangkan Hard disk D dan E masih kosong, artinya penyimpanan file dan juga download masih masuk di drive C bergabung dengan sistim
  • Browser mozilla firefox yang digunakan masih versi 3,6

Dengan keadaan demikian laptop begitu lamban proses kerjanya

buka satu situs saja begitu lama

demikian juga buka file begitu lamanya

sehingga harus berulangkali saya matikan programnya dengan menu task manager

tidak ada yang bisa saya bantu dengan keadaan tersebut

flash disk yang tadi saya colok untuk install program untuk merapikan laptopnya

sudah terinfeksi virus sortcut

Usaha menyambungkan ke internet untuk download antivirus

juga gagal karena lambatnya koneksi internet.

Akhirnya saya tinggal dan permisi pulang.

Saya terpikir,

jika laptop seorang guru demikian adanya

bagaimana cara mereka untuk melek internet ?

bagaimana cara mereka menggunakan laptop

untuk mengupdate bahan ajarnya sendiri ?

Padahal kepala sekolah merasa bahwa mereka

sudah terbiasa internet

sudah banyak pelatihan

karena pelatihan IT sudah terprogram

Pemahaman yang masih berbeda

sekedar tahu internet

bukan berarti sudah bisa/lancar berinternet

sekedar punya laptop
bukan berarti sudah nyaman pakai laptop

Semoga ada kesempatan pelatihan

dasar-dasar komputer dan internet disana

agar guru-gurunya lebih melek IT,

agar guru-gurunya mau saling berbagi pengetahuan.

semoga !

Salam Damai

Tinggalkan Balasan

