Dialog Agama

Dalam satu group di facebook

suatu waktu saya bergabung di salah satu group

Debat Agama,

Barharap untuk bisa belajar banyak

perihal agama saya sendiri,

dan juga memahami agama orang lain di group ini.

Namun apa yang saya alami;

postingan-postingan yang saya baca di group ini

mayoritas negatif dan destruktif

orang-orang yang bergabung dan memberikan tanggapan

lebih banyak mencela, menghina, menghujat, dan mempersalahkan,

Saya terpikir,

sebuah dialog debat agama

seyogianya adalah saling berbagi informasi

saling mengungkapkan keyakinan dan ajaran agama masing-masing

agar orang lain tahu, paham,

akan latar belakang keyakinannya

Dengan demikian perbedaan yang ada

tidak menjadi penghalang

dan tidak menyebabkan perpecahan

namun akan menimbulkan kerukunan

saling menghargai dan saling menghormati.

Apa yang saya dapatkan di debat agama tersebut

adalah kata-kata hujatan, dan penghinaan

menilai agama orang lain

dengan aturan dan ketentuan keyakinan dari agamanya.

mereka menganggap agamanya yang paling benar

dan agama orang lain itu salah.

Saya teringat,

lingkungan akan mempengaruhi perilaku kita

jika komunitas yang kita ikuti di facebook

penuh dengan penghujat dan penebar perpecahan

maka kita juga ada kemungkinan tertular

siaft-sifat mereka,

maka setelah bergabung sekitar satu bulan

kuputuskan untuk keluar dari group tersebut

biarlah mereka berdebat dengan gaya mereka sendiri

semoga mereka menemukan kebahagiaan

dengan cara mereka

saya akan mencari group lain

yang bisa berdebat dengan cara lebih santun dan sopan

lebih mendidik dan bersikap positip.

Salam Damai

Tinggalkan Balasan

