Pengaruh ruangan/struktur bangunan terhadap koneksi internet

Sabtu, 14 April 2012

 

Ini   hanyalah pengalaman

dan bukan hasil penelitian yang sudah diteliti secara ilmiah

 

Pengalaman saya hari ini membawa saya kepada suatu kesimpulan

dimana bentuk ruangan dan letaknya serta pengaruh struktur bangunannya

sangat mempengaruhi kemampuan laptop dalam menerima sinya internet

 

Ketika saya belajar bersama di suatu ruangan

kami semua  yang berada di ruangan tersebut mengalami kelambatan koneksi internet

saya sendiri menggunakan HP sebagai modem

pesert  lain  ada juga yang menggunakan flash modem

dan umumnya peserta lainnya menggunakan wifi dari internet sekolah.

 

Pertama sekali saya berpikir karena kebanyakan menggunakan wifi sekolah

sehingga semuanya koneksi internet jadi lambat

namun ketika saya memeriksa salah satu laptop peserta

RAMnya2 giga, dengan processor I3 internetnya juga lambat

masah sih tidak ada satupun yang lancar ?

biasanya kalau berebut sinyal karena banyaknya laptop yang terkoneksi internet

pasti ada salah satu atau beberapa yang lancar

dan yang lainnya menjadi lambat

namun dalam kasus hari ini hampir semuanya lambat.

waktupun berjalan,  teman saya mencoba memeriksa berbagai hal, dan akhirnya terpikir untuk

membawa HP yang kami pakai sebagai modem ke luar ruangan

ternyata setelah HP yang digunakan sebagai modem berada di halaman depan ruang pertemuan

koneksi internet di laptop saya pun jadi lancar

Walau solusi ini baru ditemukan  setelah di ujung pertemuan

namun hal ini menjadi pelajaran berharga buat saya

ternyata lokasi/posisi tempat sangat mempengaruhi kemampuan laptop

untuk menangkap sinyal internet.

Kasus berbeda dan di waktu yang berbeda pun saya alami

di rumah saya di perumahan Jatijajar

saya tidak bisa menggunakan sejumlah flah modem

padahal modem yang sama saya gunakan di kantor tempat saya bekerja

sangat bagus sinyalnya

namun ketika di rumah, sinyalnya sama sekali tidak ada

Karena lemahnya penerimaan sinyal internet dengan menggunakan flash modem

maka terpaksa saya harus menggunakan speedy di rumah

Hal inilah yang membawa saya kepada kesimpulan

bahwa lokasi bangunan/bentuk bangunan

berpengaruh terhadap kemampuan laptop

dalam menerima sinyal internet.

demikian informasi ini saya sampaikan

semoga bermanfaat

Salam Damai

Tinggalkan Balasan

