Perbaikan Password

Jumat, 18 Mei 2012

 

Dua hari lalu saya menyadari bahwa salah satu email saya telah disalahgunakan orang

surung@ymail.com

digunakan orang lain untuk mengirimkan promosi ke sejumlah alamat email

yang sebagian besar terdaftar di email saya tersebut.

 

Kejadian ini saya sadari ketika promosi yang sama juga masuk ke alamat email yahoo saya yang lain

yakni ke surung_erlpapua@yahoo.co.id

 

Menyadari email saya telah disalahgunakan orang

maka saya segera merubah password email saya tersebut

sayangnya tidak bisa langsung saya buka kembali

baru pada malam hari ini Jumat, 18 Mei 2012 surung@ymail.com

bisa saya aktifkan kembali

 

Untuk antisipasi lebih lanjut,

maka alamat gmail di vitus.psm@gmail.com saya juga  ubah passwordnya

 

Kejadian ini menyadarkan saya akan kelalaian saya selama ini

yang membiarkan password saya dalam keadaan standar kurang aman

padahal saya sendiri mengajarkan kepada orang lain untuk membuat password yang aman.

 

Apa yang kita ajarkan ke orang lain, memang sebaiknya kita praktekkan terlebih dahulu.

Ini menjadi pelajaran berharga buat saya.

 

Berikut adalah tips praktis untuk membuat password yang lebih aman:

Gunakan Password dengan kombinasi:
Ada HURUF BESAR

Ada HURUF KECIL

Ada ANGKA

Ada STRING (string dalam keybord adalah tulisan di atas angka, contoh : !@#$%^&*()_-+)

Maka contoh  cara penulisan password yang lebih aman adalah :

Aku@1234

aKu@1234

akU@1234

AkU@1234

atau :

Aku@1234#

AkU@1234#

aKu@1234#

akU@1234#

 

Silahkan anda kombinasi sejumlah angka, huruf dan string  minimal 8 digit

yang gampang anda ingat, sehingga password anda akan lebih aman

dan lebih sulit dibobol orang

 

Lebih aman lagi, jika password anda diubah secara berkala.

Semoga informasi ini bermanfaat

 

Salam Damai

 

 

 

 

One comment on “Perbaikan Password

  1. Buatlah link antar account anda, sehingga jika ada masalah di salah satu account, akan kelihatan laporannya di account lainnya. Jika anda punya 3 email misalnya, maka buatlah tautan antara ketiga email tersebut, sehingga jika terjadi seperti kasus yang saya alami, dimana salah satu email saya dibobol oleh orang lain, akan muncul laporannya di email saya yang lainnya. Dengan demikian tindakan antisipasi akan bisa segera saya ambil. Demikian dengan facebook, twitter atau blog anda, silahkan tautkan atau minimal tautkan dengan salah satu email anda, sehingga setiap perubahan di masing-masing account akan bisa kita pantau laporannya di email tersebut.

Tinggalkan Balasan

