CEO Terkaya Dunia

Sabtu, 2 Juni 2012

Pada hari Kamis  Tgl 31 Mei 2012,  situs bisnis terkemuka,

CNBC merilis daftar para CEO yang dinilai memiliki kekayaan tertinggi di seluruh CEO perusahaan di dunia.

Mayoritas dari daftar CEO yang memiliki kekayaan tertinggi tersebut merupakan

pemimpin-pemimpin perusahaan yang telah dikenal dunia

dan memiliki peran penting dalam industri yang terkait.

Selain itu,

para CEO yang ada dalam daftar tersebut memiliki sosok yang patut dikagumi

dan memiliki inspirasi dalam dunia bisnis.

1. Carlos Slim; Carlos Slim yang merupakan CEO dari beberapa perusahaan yaitu Grupo Carso, Telmex dan America Movil menduduki posisi pertama sebagai CEO terkaya di dunia. Nilai kekayaannya tercatat mencapai 70 miliar dollar. Selain sebagai CEO terkayak, sosok pengusaha asal Meksiko ini merupakan orang terkaya di dunia selama tiga tahun terakhir. Besarnya jumlah kekayaan yang dimiliki pria berumur 72 tahun ini tidak terlepas dari suksesnya seluruh perusahaan yang dipimpinnya. Telmex dan America Movil tercatat sebagai perusahaan yang bergerak di bisnis telekomunikasi dan merupakan perusahaan telekomunikasi dengan kapasitas bisnis terbesar di benua Amerika. Kedua perusahaan tersebut dibawah induk perusahaan, Grupo Carso yang merupakan induk dari berbagai jenis perusahaan di berbagai macam sektor bisnis, mulai dari telekomunikasi, finansial sampai dengan properti.

2.Warren Buffet; Peringkat kedua ditempati oleh CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet dengan nilai kekayaan sebesar 44,7 miliar dollar. Pengusaha, investor dan sekaligus CEO perusahaan investasi terbesar di dunia ini merupakan orang ketiga terkaya di dunia saat ini. Holding Company yang dimilikinya terbilang memiliki posisi yang penting dan berpengaruh dalam sektor finansial global. Selain itu, Berkshire Hathaway juga merupakan perusahaan yang memiliki proporsi kepemilikan saham terbesar di beberapa korporasi besar seperti American Express, Coca-Cola dan Moody’s. Selain sebagai CEO, pernyataan-pernyataan Warren Buffet juga dinilai memiliki pengaruh dalam dunia bisnis. Tak terkecuali prediksi dan pandangannya mengenai perkembangan sekaligus prospek perekonomian global. 

3.Lawrence J. Ellison ; CEO Oracle, Lawrence J. Ellison menduduki peringkat ketiga dengan kekayaan sebesar 35 miliar dollar. Sepanjang tahun lalu, jumlah pendapatannya mencapai 77,6 juta dollar dan menempatkan dirinya sebagai orang keenam terkaya di dunia saat ini. Sepak terjang Ellison dalam dunia bisnis banyak memberikan inspirasi bagi para pengusaha di seluruh dunia. Tahun 1980 dirinya mendirikan Oracle yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informatika. Perusahaan tersebut semakin berkembang dan pada saat ini menduduki posisi ketiga dalam hal produsen software setelah IBM dan Microsoft. Ellison memiliki kepemilikan saham di Oracle mencapai nominal 32,8 miliar dollar dan merupakan pemilik saham dominan di perusahaan tersebut. Sosok Ellison juga memiliki sisi lain sebagai pengusahan yang memiliki hobi berlibur dan berlayar. Tahun 2009 ia membeli sebuah turnamen tennis yang rutin diselenggarakan tiap tahun yaitu BNP Paribas Open dengan nominal sebesar 100 juta dollar. Selain itu, ia juga memiliki sikap philanthropy dimana ia bergabung dengan lembaga sosial, Giving Pledge, bentukan dari Warren Buffet dan Bill Gates.

4.Eike Batista; Posisi empat ditempati oleh Eike Batista, CEO EBX berumur 56 tahun ini tercatat memiliki kekayaan sebesar 31,6 miliar dollar. EBX merupakan holding Company yang bergerak di sektor properti, tambang dan logistik. Ia terbilang merupakan orang terkaya di wilayah Amerika Selatan. Batista juga merupakan CEO dari OGX yang merupakan perusahaan tambang terbesar kedua di Brasil yang merupakan pemasok bahan bakar utama di Brasil dan juga negara-negara di Amerika Selatan lainnya. Ia pun juga merupakan pemilik dari perusahaan energi MPX yang salah satu pemasok bahan bakar gas di Brasil. Banyak kalangan menilai bahwa Eika Batista sebagai raja tambang dari Selatan benua Amerika.

5.Charles G. Koch ; Posisi lima ada Charles G. Koch yang merupakan CEO dari Koch Industries. Pria berumur 76 tahun ini merupakan pewaris dari tahta Koch Industries yang didirikan oleh Fred C. Koch pada tahun 1925. Perusahaan yang bergerak di bidang alat berat, pertambangan dan kimia ini merupakan salah satu perusahaan terbesar dunia di bidangnya. Kekayaan Charles G. Koch tercatat mencapai 24,7 miliar dollar dan merupakan salah satu orang terkaya di dunia dan di AS. Ekspansi bisnis dari perusahaan yang berbasis di Kansas ini telah mencapai ke 60 negara di seluruh dunia.

Kelima profil CEO terkaya ini seyogyanya bisa menginspirasi kita

Dalam usia mereka yang sudah relatif tua,

namun masih terlihat segar dan masih produktif

Mari mempelajari apa yang telah mereka lakukan

untuk menjadi salah satu CEO terkaya di dunia saat ini

Semoga  diantara kita pembaca blog ini

menjadi salah satu seperti kelima tokoh CEO di atas

Semoga informasi ini bermamfaat

Salam Damai

By Vitus Polikarpus Posted in photo Tagged

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s