Dalam keadaan tak terduga,… selalu siap dengan alternatif pengganti.

Jumat,  15 Juni 2012

Anda pernah mengalami hal-hal tak terduga di saat-saat genting ?

Di saat anda mau presentasi, eh,… power pointnya tidak bisa dibuka,..

Ketika anda mau koneksi internet,… eh ternyata modem anda tidak bisa aktif,…

ketika anda sudah mau berangkat kerja,… eh,… tiba-tiba kendaraan anda mogok, atau kempes ban,…

di saat anda mau pulang malam,… eh kacamata tidak ada,… mana hujan lagi,….

atau banyak hal-hal lainnya yang tidak terbayangkan akan terjadi sebelumnya.

Nah untuk antisipasi hal-hal tersebut,… anda sebaiknya selalu siap sedia

dengan sekian banyak alternatif,…

Kasus yang kualami hari ini,…. Jumat, Tgl 15 Juni 2012

ceritanya begini :

Hari ini Jumat 15 Juni 2012 seharusnya saya memberikan pelatihan dasar-dasar internet

di salah satu sekolah di Kebayoran Lama.

Seperti biasanya, agar segala sesuatunya berjalan lancar selama pelatihan,

saya mempersiapkan beberapa hal pada malam hari sebelum acara pelatihan.

Pada malam Hari Kamis 14 Juni 2012 sekitar pukul 23 setelah selesai mempersiapkan

sejumlah tulisan di blog saya,… saatnya untuk merapikan laptop saya dengan program auslogic

tujuannya untuk mendefrag file-file yang berserakan,

membuang registry yang error, dan membuang junk file yang membebani hard disk,

dengan harapan besok saat pelatihan laptop lebih nyaman dan lancar.

Begitu program auslogic selesai bekerja, laptop saya matikan selanjutnya istirahat sekitar pukul 23.30

Besok paginya saya terlambat bangun,… yang biasanya bangun pukul 5,.. kali ini bangun pukul 5.45

alhasil terlambat tiba di kantor.

Dengan  demikian saya tidak sempat lagi membuka laptop saya di kantor pada pagi harinya

langsung berangkat ke sekolah, karena rencana awal harus pelatihan pada pukul 10.

Begitu tiba di sekolah, eh ternyata acara ditunda hingga pukul 13 sehabis solat Jumat.

Nah untuk menghabiskan waktu, saya ikut membantu narasumber yang sedang presentasi

menjelaskan power point.

Nah setelah solat Jumat dan makan siang,

barulah saya mempersiapkan diri untuk pelatihan dasar-dasar internet.

Begitu buka laptop, wireless laptop saya tidak  bisa nyambung ke internet

walaupun tombol wireless sudah dalam keadaan hidup

namun tanda wireless di dekstop saya tetap tidak terkoneksi alias dikali merah

saya coba berulang kali, kutak-katik, setting sana-sini,

sampai restart laptop hasilnya tetap nihil,

wireless saya tidak bisa menangkap sinyal internet.

Saya coba  mau merecovery software saya ke keadaan tadi malam sebelum program auslogic dijalankan

eh ternyata batere laptop saya sudah tidak berfungsi lagi,

maklum laptop Tahun 2007 sudah tua dan mulai usang

sehingga restore point point tidak berfungsi, dengan demikian rencana recovery tidak bisa dijalankan.

Saya coba telepon salah seorang teman yang saya anggap bisa memberikan solusi

ternyata dia mengaku tidak bisa membantu kalau tidak lihat langsung laptopnya.

dalam keadaan demikian salah seorang guru membawa laptopnya yang tidak bisa mengaktifkan

flash modem yang baru diberlinya

setelah saya coba install flash modemnya, gagal juga koneksi internet

saya tidak bisa menemukan settingan yang tepat agar bisa koneksi,

maklum flash modem seperti itu jarang saya pakai.

Waktu tinggal sekitar setengah jam lagi sebelum pelatihan dimulai.

Panik tidak ???

Dengan tidak bisa mendeteksi wifi maka flash modem hwauwei

yang selalu saya bawa juga tidak bisa saya pakai.

Dan wifi milik sekolah pun tidak bisa saya tangkap.

Alternatifnya saya menghidupkan HP samsung,

saya periksa masih ada sisa pulsa Rp.39.000

paket data sudah o MB sehingga koneksi internet pasti gagal

Dengan sisa pulsa yang ada saya coba aktifkan paket data

namun tidak kutemukan paket unlimited telkom flash

sebaliknya hanya ada paket flash ultima

ya sudahlah mana saja yang ada,  yang penting bisa koneksi internet

Setelah berhasil aktifkan paket flash ultima

saya aktifkan koneksi tathering wifi

samsung HP saya buat memancarkan wifi

dan saya coba sambungkan dengan laptop

eh ternyata laptop bisa menangkap sinyal wifi dari HP samsung saya

Aneh ya, sinyal wifi lainnya tidak bisa dideteksi,

tapi wifi dari HP samsung bisa diterima

ah,.. masa bodohlah,

waktu sudah semakin mepet, tinggal 5 menit pelatihan akan segera dimulai

Internet pun bisa saya aktifkan dengan menerima sinyal wifi dari HP Samsung

namun sebagai alternatif

telah saya minta laptop teman saya untuk dikoneksi internet dan selalu siap sebagai alternatif

jika koneksi internet saya trouble

Ya benar saja, setelah satu setengah jam pertama pelatihan berlangsung,

koneksi internet saya terputus, artinya paket data telah habis sesuai banyaknya downloadan data

yang berjalan selama pelatihan.

Nah ketika laptop saya tidak bisa koneksi internet, saya gunakan notebook teman saya

yang sudah stand by sebelumnya. Jika ada program yang tidak tersedia di notebook teman saya

saya gunakan laptop saya untuk presentasi dalam keadaan offline

Dan jika butuh online saya gunakan  notebook teman saya

demikianlah pelatihan berjalan hingga 3  jam pertama.

Semakin sore koneksi internet semakin melemah,

notebook teman saya pun tidak bisa menampilkan extension google chrome

ketika saya mau menjelaskan extension google chrome.

Alternatifnya laptop peserta yang bisa menampilkan extension google chrome saya sambungkan

ke LCD agar bisa diperlihatkan kepada peserta lainnya.

Jadilah tiga laptop berjejer di dekat LCD.

Pelatihanpun selesai sekitar pukul 17, dan kami segera pulang ke kantor

karena jalanan macet, kami tiba sekitar pukul 18.30 di kantor

Anehnya ketika saya coba aktifkan laptop di kantor

wifi di laptop saya telah normal kembali,…

wow,.. aneh bin ajaib

tadi di sekolah tidak bisa aktif

eh,… setelah tiba di kantor bisa aktif sendiri.

Betul-betul tidak bisa saya jelaskan secara logika.

Namun dalam keadaan terdesak, kita harus selalu siap sedia dengan sejumlah

program alternatif pengganti.

Apapun yang terjadi, “the show must go on”.

Jika karena sesuatu masalah, pelatihan jadi terhenti

maka akan menjadi nilai negatif buat kita

sehingga pelanggan akan ragu dengan kompetensi kita sendiri.

Jika selalu siap dengan sejumlah alternatif pengganti,

pelanggan kita akan lebih percaya kepada kita.

Setiap usaha pasti punya resiko, carilah resiko terkecil.

Demikian pengalaman saya pada hari ini,..

semoga, menginspirasi buat kita semua.

Jika kisah  ini bermanfaat,.. silahkan dibagikan ke teman lainnya

Salam Damai.

Tinggalkan Balasan

