Keterbatasan Daya Serap

Jumat, 29 Juni 2012

 

Setelah melakukan beberapa kali pelatihan

saat ini saya mulai tersadar,

bahwa kemampuan daya serap orang sangat jauh menurun

ketika usia semakin tua.

 

Hal-hal yang saya anggap mudah

bisa saja masih sangat sulit bagi orang lain

 

Hal-hal yang saya anggap basic

bisa saja sudah merupakan tingkat lanjut bagi orang lain.

 

Ya,…  ternyata topik pelatihan harus dibuat sesuai dengan kemampuan peserta pelatihan itu sendiri

Namun kebanyakan kendala yang saya alami selama ini

bahwa peserta pelatihan adalah seluruh  guru di suatu sekolah

nah latar belakang kemampuan mereka sudah sangat beragam,

padahal materi  yang ingin saya sampaikan adalah materi dasar-dasar internet.

 

Sangat sulit menyediakan bahan pelatihan yang bisa representatif buat menyenangkan semua peserta.

 

Jujur saya berharap,  pihak sekolah dalam  hal ini kepala sekolah atau guru peserta sendirilah

yang sebaiknya mengelompokkan para peserta pelatihan sesuai dengan

latar belakang perbedaan kemampuan mereka,

 

Sebaiknya tidak menggabungkan orang-orang yang sudah mapan

dengan orang-orang yang masih awam sama sekali dengan  internet.

 

Selanjutnya saya sendiri akan merencanakan

materi pelatihan secara bertahap

akan saya tawarkan materi pelatihan yang akan saya sajikan

dan peserta akan memilih topik mana yang akan mereka pilih untuk dibahas

dalam suatu tenggang waktu pelatihan yang disepakati.

 

Sedikit materi pelatihan dan mampu diserap

akan lebih berarti daripada banyak materi yang disajikan

namun menjadi beban atau membingungkan bagi setiap peserta pelatihan.

 

Semoga saya bisa menyajikan materi pelatihan

yang berdayaguna dan tepat guna bagi setiap peserta pelatihan.

 

Salam Damai.

Tinggalkan Balasan

