Pelatihan RPP Berkarakter

Kamis, 5 Juli 2012

 

Hari ini saya membawa narasumber ke salah satu sekolah

untuk memberikan pelatihan RPP Berkarakter.

 

Dari cara penyajian dan penampilan narasumber ada beberapa hal yang saya pelajari :

  1. Beliau minta izin dulu kepada kepala sekolah atau yang dituakan di ruang pertemuan tersebut sebelum menyampaikan materinya. Hal ini mengajarkan pada saya sikap rendah hati, dan kehatian-hatian sebelum menyajikan materi. Dengan demikian jika suatu saat saya menyajikan materi pembelajaran dasar-dasar internet di suatu sekolah, alangkah lebih sopannya jika saya juga minta izin terlebih dulu  kepada guru IT atau yang lebih senior dan lebih mapan pengalamannya dalam hal IT.  Sikap ini seperti mohon doa restu.
  2. Ketika peserta mengajukan pertanyaan, narasumbernya mendekat kepada si penanya, hal ini mengajarkan kepada saya; betapa perlunya menghargai si penanya;  dengan lebih dekat kepadanya menunjukkan penghargaan terhadap si penanya, sekaligus agar pertanyaannya lebih jelas didengar, dan pada akhirnya narasumber bisa memberikan jawaban yang sesuai kebutuhan si penanya.
  3. Ketika peserta meminta perpanjangan waktu, padahal narasumber sudah punya jadwal lain setelah waktu yang disepakati sebelumnya,  maka narasumber menjelaskan dengan terus terang bahwa dia sudah ada janji di tempat lain, dan seharusnya  materi pelatihan ini untuk 10 hari, namun kita padatkan dalam waktu 3 jam, dan karena peserta begitu antusias sebaiknya pelatihan dijadwalkan kembali di hari lain, untuk membahas lebih detail pada pokok  bahasan tertentu,.. namun demikian  narasumber tetap memberikan tambahan waktu sekitar setengah jam, sehingga peserta juga merasa puas. Hal ini mengajarkan kepada saya tentang teknik mengemukakan ide, dan menolak permintaan tanpa yang meminta merasa ditolak.
  4. Setelah pelatihan selesai, narasumber menanyakan masukan kepada saya, kira-kira apa yang perlu diperbaiki dalam penampilannya selama memberikan pelatihan hari ini ? Hal ini mengajarkan kepada saya, bahwa kita perlu mendapatkan umpan balik dari orang lain, perihal  gaya penampilan kita, hal ini sebagai bahan evaluasi sekaligus menjadi masukan berharga untuk perbaikan penampilan kita di masa-masa mendatang.

Semoga pengalamanku hari ini bermanfaat.

 

Salam Damai

Tinggalkan Balasan

