Siapkan alternatif pilihan

Jumat, 13 Juli 2012

 

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering dihadapkan kepada hal-hal yang tidak pasti

kepada hal-hal yang tidak terduga.

Pengalaman saya hari ini, membuka wawasan berpikir saya,

membuka ide-ide baru baru bagi saya, bagaimana saya harus mempersiapkan diri

agar tidak menghadapi masalah serupa di kemudian hari.

 

 

Kata orang bijak, selalu ada hikmah di balik setiap kejadian.

Masalah membuat kita menjadi mapan, dan semakin kuat.

Pengalaman adalah guru yang baik.

 

 

Hari ini saya melakukan pelatihan di daerah puncak,

sungguh tak terduga oleh saya, bahwa modem yang saya gunakan tidak bisa koneksi ke internet

demikian dengan dua jenis modem lainnya, yang dipinjamkan peserta pelatihan.

Hal yang sama dialami juga oleh peserta pelatihan,

koneksi internet mereka banyak trobule, ada yang  bisa tersambung namun lelet alias lambat.

 

 

Sepanjang perjalanan pulang dari puncak menuju kantor,

saya memejamkan mata, untuk merenungkan permasalahan yang baru saja saya hadapi

Saya tertidur karena kemacetan jalan selama turun dari puncak menuju Toll Ciawi.

Setelah di jalan toll, saya baru terjaga, dan otak saya telah segar kembali

berbagai hal kemungkinan yang bisa mengakibatkan  masalah tadi terbayang di benakku.

Dan pada akhirnya saya memikirkan suatu ide untuk mengantisipasi jika masalah itu muncul kembali di kemudian hari.

 

Sebaiknya saya selalu mempersiapkan beberapa jenis modem,

karena berbeda tempat, akan berbeda kemampuan modem dalam mengakses internet.

Sebelum pelatihan di tempat yang belum pernah kita ketahui, sebaiknya

kita pastikan dulu kemampuan modem yang akan kita gunakan,

apakah sudah siap pakai atau belum .

 

Selanjutnya, dalam suatu pelatihan, sebaiknya disiapkan beberapa alternatif pilihan.

Jika internet bermasalah, selalu ada bahan presentase secara offline

sehingga tampilan online  bisa kita sajikan secara offline, karena peserta kemungkinan ada yang bisa koneksi internet dengan baik

jadi panduannya online kita sajikan secara offline dalam bahan power point kita.

 

Alternatif lanjutannya, kita siapkan vidio tutorial untuk bahan pelatihan

Jadi jika internet bermasalah

proses online bisa kita sajikan dalam bentuk vidio tutorial, dan akan bisa diulang-ulang oleh setiap peserta.

 

Jika alternatif pilihan ini selalu tersedia,

maka permasalahan yang ada, mungkin bisa kita minimalkan dampak negatifnya

sehingga peserta pelatihan tidak terlalu kecewa, dan materi pelatihan pun bisa tetap kita sampaikan

tanpa mengurangi isi materinya.

 

 

Semoga permasalahan hari ini, memberikan hikmah positip bagi saya.

Selalu ada pembelajaran dari pengalaman hidup.

 

Salam Damai

Tinggalkan Balasan

