Peralatan yang tidak terpikirkan oleh saya selama ini

Sabtu, 14 Juli 2012

 

Sejak menyediakan satu fan page Facebook  ” Pencinta Ilmu Pengetahuan”  https://www.facebook.com/VitusPolikarpusSurungManullang?bookmark_t=page

dan Blog “vituspolikarpus.wordpress.com”  https://vituspolikarpus.wordpress.com/

saya berusaha menyediakan vidio tutorial untuk dasar-dasar internet

dengan keterbatasan peralatan yang ada:

  1. Laptop dengan processor Seleron
  2. Satu unit Head Phone
  3. Software Camtasia Studio 7

Hasil tutorial yang berhasil saya sajikan belum memuaskan bagi saya

 

Untuk melengkapi peralatan pelatihan dasar-dasar internet di sekolah

secara perlahan beberapa peralatan saya perbaiki dan saya sediakan

 

  • Laptop dengan processor I3
  • Software Camtasia Studio 8
  • Lalu saya berencana melengkapi satu unit speaker

Setelah membeli satu unit mikrophone,

saya coba sambungkan ke speaker Home Studio Simbada yang sudah ada sebelumnya

hasilnya nihil, tidak bisa menghasilkan suara

Kemudian saya coba sambungkan ke Radio Tape Politron Mini Compo yang juga sudah ada sebelumnya

Hasilnya tidak memuaskan, suaranya terlalu lemah

Akhirnya saya berencana membeli speaker active yang baru,

Beberapa hari lalu saya melihat satu unit Active Speaker Home Studio dengan fasilitas Echo

yang bisa memperbaiki mutu suara, namun waktu itu saya belum punya uang yang cukup untuk membelinya

Kemarin, 13 Juli 2012 saya berniat membeli active speaker tersebut.

 

Saya coba cari di toko speaker di Simpang Tiga Ciracas, eh,..  tokonya tutup

Pulang kantor, saya coba singgah di Pasar Cisalak

dari beberapa toko elektronik yang saya kunjungi tak satu pun toko yang menjual

active speaker dengan kriteria yang saya cari.

Active speaker yang memiliki fasilitas echo adalah speaker dengan ukuran besar

padahal saya butuhkan yang berikuran lebih kecil karena meja kerja saya yang relatif kecil.

 

Sambil pulang ke rumah, saya singgah di Toko Elektronik Simpangan Depok

tempat dimana dulu saya melihat Active Speaker Home Studio yang punya fasilitas Echo

 

Aneh,.. tokonya tutup juga.

Akhirnya saya pulang ke rumah Jatijajar.

 

Setelah mandi, makan, dan duduk sebentar

saya mengamati Radio Tape Grand Compo yang terletak di lantai di kamar tidur saya

Setiap hari radio tape ini saya gunakan untuk mendengarkan Radio Cakrawala di pagi hari

namun tidak terpikir oleh saya bahwa dia memiliki fasilitas akses mikrophone

 

Menyadari hal ini, saya mencari mikrophone yang sudah saya beli di minggu lalu.

Saya colok dan saya hidupkan,… oh hasilnya cukup menakjubkan

suaranya cukup jelas dan kuat, lebih dari yang saya harapkan.

 

Radio tape Grand Compo ini pun saya posisikan di dekat laptop saya

untuk mencoba apakah bisa menghasilkan rekaman suara sesuai harapan saya.

Sungguh tak terduga, hasilnya cukup menggembirakan,

saya coba beberapa vidio tutorial dengan bantuan suara dari Politron  Grand Compo

 

Kini pengeras suara sudah tersedia,

hikmah dari sejumlah toko elektronik yang tutup hari ini

menyadarkan saya, bahwa sesungguhnya saya memiliki peralatan

yang bisa saya gunakan, dan sudah saya miliki selama ini

namun saya tidak pernah menyadarinya.

kini saya tinggal mencari tiang penyangga untuk mikrophone

agar mikrophonenya tidak perlu saya pegang selama buat tutorial

sehingga kedua tangan saya bebas mengetik di laptop untuk menyajikan tutorial.

 

Terima kasih Tuhan atas kejadian ini

Engkau telah membuka kesadaran saya

Engkau membebaskan saya dari kerugian menghamburkan uang dengan rencana membeli sesuatu

yang sebenarnya bisa saya penuhi dari peralatan yang sudah saya miliki sebelumnya.

 

Semoga vidio tutorial  dasar-dasar internet bisa saya sajikan lebih baik, dan berdaya guna buat banyak orang.

 

Salam Damai

 

Tinggalkan Balasan

