E-pen

Sabtu, 28 Juli 2012

 

Salah satu alat bantu listening dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang disediakan oleh

PT penerbit Erlangga Mahameru Ciracas diberikan nama “E-pen”
Dikemas dalam satu unit tas dengan isi sebagai berikut :

  1. E-pen (electronic Pen) sebagai alat utama
  2. 6 eks buku teks sesuai dengan kurikulum KTSP 2006 mulai dari dari Jilid 1A/1B untuk kelas VII, Jilid 2A/2B untuk kelas VIII, dan Jilid 3A/3B untuk kelas IX
  3. Dilengkapi dengan alat charger serta kabel data
  4. Disediakan satu eks buku panduan penggunaan
  5. Tersedia kartu garansi untuk masa pemakaian satu tahun sejak tanggal pembelian

Dalam penggunaan e-pen sebagai sarana bantu listening dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas VII-IX SMP, dikategorikan sangat mudah, karena cukup mobile, bisa digunakan dimana saja dan kapan saja, baik di ruang kelas, atau pun di ruang terbuka atau bahkan dalam kendaraan umum.

Penggunaannya tidak membutuhkan urut-urutan alias bisa digunakan secara acak, sejauh ada logo e-pen di halaman bukunya, maka e-pen bisa digunakan untuk memperdengarkan audionya. Audio yang diperdengarkan terakhir kalinya akan bisa diulang sesuai kebutuhan, sampai audinya bisa dimengerti atau dihafalkan serta ditirukan pengucapannya.

Untuk mengetes kemampuan bahasa, dalam pronounciation, sehingga pengguna bisa mengetaui apakah pengucapan, lafal atau dialeknya sudah benar atau belum, maka pengguna disediakan bahan untuk merekam suaranya sendiri, dengan merekam suara sendiri, maka pengguna akan bisa memperdengarkan suara rekamannya sendiri, kemudian bisa mengevaluasi sendiri apakah pengucapannya, cara bacanya, lafal, atau pronounciationnya sudah benar atau belum.

Karena E-pen ini disediakan alat charger, maka bisa dicharger sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Di kala diperlukan suara yang lebih keras, e-pen disediakan tust volume untuk memperbesar atau mengecilkan volume suara sesuai kebutuhan. Bahkan jika dibutuhkan suara yang lebih keras, misalnya untuk kebutuhan satu ruangan kelas, maka e-pen ini bisa disambungkan dengan speaker active, sehingga suaranya bisa menggema dalam suatu ruangan luas. Saat ini speaker active cukup beragam, sehingga bisa dipilih speaker active dalam ukuran kecil (bisa dimasukkan dalam kantung tas kerja)  agar lebih mudah dibawa dan dipindahkan.

Dalam kasus tertentu, ketika pengguna membutuhkan audio tambahan berupa musik atau file MP3 lainnya, bisa memasukkan filenya dalam memory card yang bisa dimasukkan ke tempat yang tersedia dalam e-pen ini.

Berikut adalah tampilan gambar e-pen dengan segala isi satu paket yang tersedia:

 

Paket e-pen ini bisa anda dapatkan di toko buku kesayangan anda, atau pesan langsung kepada salesman PT Penerbit Erlangga yang berkunjung ke sekolah Bapak/Ibu sekalian.  Harga satu paketnya sebesar Rp.2.100.000,- (dua juta seratus ribu), harga ini sebanding dengan investasi pengetahuan yang akan didapatkan, karena bisa digunakan untuk tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas VII hingga kelas IX.

Semoga informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman anda sekalian.

Salam Damai.

5 comments on “E-pen

  1. Buku tesk yang digunakan dalam paket e-pen ini berjudul Flying Start kerjasama dengan lembaga I/A/L/F (Indonesian Australian Language Foundation) dan diterbitkan oleh ESIS (Erlangga Edisi Khusus) salah satu group dari PT Penerbit Erlangga Mahameru Ciracas. Perhatikan halaman belakang bukunya, ada tulisan: “This book can be read by E-pen, a revolutionary educational tool to make English learning easier and more fun. it’s magic! by simple touch this book with E-pen, you will get accurate pronounciations and intonations of English words, sentences, and expressions”.

  2. Permasalahan umum, yang disampaikan pelanggan ketika mempromosikan produk ini adalah:
    Penlanggan menginginkan e-pen nya satu unit untuk setiap kelas, padahal produk ini dirancang satu e-pen untuk tiga kelas (kelas 7-9)
    Jika dibeli hanya satu paket, sementara guru ada 3 atau 4 orang maka akan berebutan,… jadi disarankan untuk dibeli sejumlah guru Bahasa Inggrisnya, contohnya jika guru Bahasa Inggris ada 4 orang, maka e-pennya dibeli sebanyak 4 paket.
    Permasalahan lanjutan dengan membeli 4 paket adalah, bahwa jika guru misalnya mengajar di kelas 7, maka buku kelas 8 dan 9 terasa mubajir.
    Semoga hal ini bisa kita jelaskan kepada pelanggan, bahwa produk yang tersedia saat ini baru untuk satu e-pen untuk 3 kelas, belum tersedia satu e-pen untuk satu kelas.

  3. Permasalahan kedua dalam mempromosikan buku ini adalah :
    Jika guru menggunakan Flying start e-pen, lalu bagaimana siswanya bisa membaca teks yang dperdengarkan audio/listeningnya ?
    Solusi untuk menyelesaikan kasus ini adalah:
    Guru bisa scan bukunya dan ditampilkan di LCD, sehingga siswa bisa baca di layar/monitor di depan kelas.
    Yang kedua, buku normalnya edisi revisi dengan harga Rp.65.000,-/jilid dibelikan untuk siswa, buku tersebut bisa dibaca oleh siswa, namun tidak bisa digunakan untuk e-pen, jadi e-pen hanya untuk gurunya saja, dipresentasikan di depan kepas.
    Solusi ketiha adalah; copykan kepada setiap guru file perangkat pembelajaran berupa buku guru, RP Sillabus, Kunci Jawaban dan Tapescriptnya. Nah Tapescript inilah yang ditampilkan di monitor atau di LCD di depan kelas.
    Bagi kita sebagai salesman, anjurkanlah untuk membeli buku regularnya minimal satu kelas (40 eks) agar bisa dipakai secara bergantian di kelas yang berbeda.

  4. Permasalahan ketiga yang diajukan pelanggan ketika mempromosikan buku adalah :
    Bukunya tidak sesuai dengan sillabus RPP yang disusun oleh guru.
    Nah perlu diperhatikan bahwa, RPP dan Sillabus disusun oleh setiap guru sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing, jadi RPP dan Sillabus bisa berbeda di setiap sekolah.
    Nah, buku Flying start disusun sesuai dengan KTSP, jadi pokok-pokok bahasan utama pasti sudah ada, dan sesuai dengan KTSP yang berlaku.
    Buku apapun yang dipakai oleh guru dalam mengajarkan Bahasa Inggris di kelas, apakah buku BSE, English On Sky, atau Real Time, atau buku dari Penerbit lain,.. tentunya buku Flying Start E-pen tetap bisa disandingkan, karena dengan adanya e-pen ini, maka listening atau audio yang sesuai dengan topik yang dibahas, bisa ditampilkan dengan menggunakan e-pen ini.
    Jadi buku Flying Start e-pen tidak harius diajarkan semuanya halaman demi halaman, namun cukup diambil topik audionya/listeningnya saja, sesuai dengan topik bahasan yang sedang diajarkan mengikuti dengan buku pegangan guru yang digunakan sebagai bahan ajar di kelas.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s