Membuat Blog

Apakah Anda sudah pernah membuat blog ? Atau bahkan sudah punya banyak  blog,  atau barangkali Anda setiap hari pasti update postingan atau artikel di blog ? Baik dimanapun posisi Anda, semuanya bisa karena dibiasakan. Panduan pembuatan blog begitu banyak berteberan di internet. Mau cari tutorial tinggal cari di you tube.

Pada kesempatan kali ini, saya menganggap Anda yang membaca artikel ini adalah yang belum pernah membuat blog sendiri. Sebelum membuat blog, perlu kita pertimbangkan tujuan pembuatan blog, untuk apa blog yang akan kita buat ? Apakah hanya untuk branding pribadi ? Atau untuk tujuan jualan ? Atau untuk tujuan pembuatan tutorial, atau bahkan untuk tujuan promosi ? Dan masih banyak kemungkinan tujuan lainnya.

Mengapa kita perlu tahu dulu tujuan blog yang akan kita buat ? Alasan paling uatama adalah agar kita menyesuaikan theme blog yang akan kita gunakan. Untuk tujuan bisnis, seperti jualan dan promosi misalnya, kita perlu theme yang bisa terintegrasi dengan vidio, slide, audio, banner, dan media player, untuk itu mungkin kita perlu menggunakan theme premium dan tentunya kita juga perlu domain dan hosting atas nama pribadi kita. Sedangkan jika blog yang mau kita buat sekedar kumpulan artikel, atau sekedar menulis kisah pribadi sendiri, kita cukup menggunakan theme yang sederhana, dan kita cukup menggunakan domain dan hosting gratisan, misalnya di wix, wordpress, blog spot.

Jika tujuan pembuatan blog adalah untuk menjaring data base pelanggan, maka kita perlu tampilan blog berupa landing page dengan opt in tempat dimana orang akan memasukkan nama dan email mereka, tentunya kita juga harus punya produk yang akan kita bagikan sebagai hadiah yang akan merangsang orang untuk memasukkan nama dan mail mereka dengan sukarela.

Baik, anggaplah tujuan pembuatan blog pertama kita sekedar untuk penulisan kisah pribadi kita, atau sekedar kumpulan artikel yang mau dibagikan di dunia maya, sehingga kita akan menggunakan theme sederhana dan domain serta hosting gratisan saja.

Setelah keputusan ni kita buat, mari kita pertimbangkan kemampuan kita, apakah kita mau menulis blog tanpa dipusingkan dengan bahasa HTML, atau perlu belajar bahasa HTML. Jika kita mau yang praktis saja, maka gunakan saja  wix.com namun  jika Anda mau sambil belajar bahasa HTML, sebaiknya gunakan wordpress atau blogspot.

Jika Anda ingin membuat blog dengan wix, silahkan mendaftar dulu di wix.com

sign up di wix.com

Membuat blog :sign up di wix.com

Jika Anda mau membuat blog di WordPress, silahkan Anda mendaftar dulu di wordpress.com

sign up di WordPress.com

Membuat blog :sign up di WordPress.com

Jika Anda mau membuat blog di Blogspot, silahkan mendaftar dulu di BlogSpot.com

blogspot.com

membuat blog : blogspot.com

Khusus buat blogspot, karena merupakan fasilitas dari google, maka sebaiknya Anda menggunakan google akun yakni gmail, sedangkan di wix dan wordpress Anda bisa menggunakan email yahoo.

Sampai disini dulu, info awal dari dasar pembuatan blog, dalam postingan selanjutnya akan kita bahas step by step pembuatan blog di masing-masing jenis situsnya, mulai dari wix, wordpress, dan blogspot.

Jika Anda punya pertanyaan, masukan dan saran, jangan segan-segan menuliskannya di komentar di bawah postingan ini. Atau hubungi saya di 081317937777 email : vitus.psm@gmail.com Facebook : vitus polikarpus

Jika Anda mau membuat b

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s